Bagaimana Cara Mengobati Ambeien Dengan Bawang Putih

Bagaimana Cara Mengobati Ambeien Dengan Bawang Putih

Ambeien (hemorrhoid) atau sembelit yaitu penyakit yang timbul dampak terjadinya pembengkakan pada pembuluh darah balik di zona sekitar dubur. Penyebab sembelit benar-benar bermacam, melainkan biasanya terjadi dampak adanya tekanan besar.

Ambeien memang tak menyebabkan kematian dan pada stadium ringan bisa sembuh dengan sendirinya, melainkan penyakit ini benar-benar mengganggu kegiatan penderita karena terasa benar-benar menyakitan. Penyakit sembelit benar-benar lazim terjadi, terutamanya pada orang dewasa. Tapi, dibandingi dengan pria, faktanya wanita lebih berisiko tinggi terkena sembelit.

Sembuh dari ambeien 3 hari mau ??? Klik > Obat Ambeien

Banyak orang menyatakan bahwa bawang putih sanggup mendukung menanggulangi wasir. Benarkah informasi ini sebuah fakta atau cuma mitos belaka?

Bisakah Bawang Putih Menyembuhkan Wasir?

Kemudian, banyak macam obat ambeien atau cara yang sanggup dijalankan untuk menyembuhkan wasir atau. Mulai dari obat-obatan sampai ramuan alami.

Bagi banyak orang, bawang putih diakui ampuh untuk menanggulangi wasir. Misalnya saja dengan cara memasukan satu siung bawang putih ke dalam anus untuk menanggulangi wasir interna.

Sedangkan untuk menanggulangi wasir interna, katanya memadai dengan mengompres anus dengan kapas yang dibasahi air rebusan bawang putih. Namun, sebenarnya ini sebuah mitos atau fakta?

Menurut dr. Fiona Amelia, MPH dari KlikDokter, bawang putih punya kandungan sulfur yang dipercaya sanggup menghambat sistem peradangan, terhitung peradangan yang terjadi pada wasir.

“Akan namun belum ada riset ilmiah yang menunjukkan bahwa bawang putih efektif untuk menanggulangi wasir,” ujar dr. Fiona.

Terlebih lagi, dr. Astrid Wulan Kusumoastuti pun mengkhawatiri tingkat steril si bawang putih kecuali dimasukkan ke dalam anus, lebih-lebih keadaan wasir terkandung luka di bagian dalam dubur. Intinya, metode ini sebenarnya belum teruji secara klinis.

Kenapa wanita lebih berisiko tinggi terkena ambeien ?

Wanita lebih berisiko tinggi menderita sembelit karena sering mengalami pelebaran pembuluh darah saat menstruasi. Tak hanya itu, sembelit sering kali timbul selama masa kehamilan dan atau sesudah persalinan. Dikala hamil, bayi dan rahim yang semakin membesar akan memberikan tekanan berlebih pada pembuluh darah di zona panggul. Meskipun, pada saat melahirkan atau pasca melahirkan, sembelit pada wanita bisa timbul dampak mengejan terlalu keras saat persalinan.

Apa saja jenis dan gejala ambeien/sembelit?

Menurut lokasi dan gejalanya, sembelit dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu:

Ambeien dalam (internal hemorrhoid)

Disebut sembelit dalam karena pembengkakan terjadi di dalam dubur, tepatnya di liang rektum. Benjolan mungkin tak terasa dan tak kelihatan dari luar dubur, sehingga jarang memunculkan keluhan. Ambeien dalam juga bisa sembuh dengan sendirinya dan termasuk ke dalam jenis sembelit ringan yang biasanya baru terdeteksi saat ada darah keluar dari dubur saat BAB. Gejala sembelit dalam di antara lain yaitu gatal dan nyeri pada dubur. Gejala-gejala ini biasanya baru timbul saat sembelit dalam menjadi semakin besar.

Ambeien luar (external hemorrhoid)

Pada sembelit luar, lokasi pembengkakannya terjadi di luar rektum atau lebih tepatnya di sekitar lubang dubur. Gejala sembelit luar di antaranya:

  • Rasa perih dan panas di sekitar dubur
  • Gatal pada dubur
  • Adanya benjolan atau pembengkakan di sekitar dubur
    BAB berdarah

Dari gejalanya, sembelit luar terasa lebih nyeri dan sering kali membuat penderitanya merasa tak nyaman. Hal ini disebabkan oleh pembuluh darah yang mengalami pembengkakan di bawah kulit sekitar dubur yang mempunyai lebih banyak saraf.

Tidak mau operasi ambeien pakai cara ini | Klik : Obat Ambeien

Kiat mencegah sembelit kumat

Ambeien bisa disembuhkan, melainkan bisa juga kumat kembali. Apabila Anda kembali mengalami sembelit, ada kemungkinan pembuluh darah yang membengkak semakin parah dan pecah. Oleh karena itu, tindakan pencegahan sembelit agar tak kumat benar-benar dibutuhkan.

Berikut ini ada sebagian langkah tepat untuk mencegah sembelit kembali kumat.

Konsumsi makanan berserat

Telah diceritakan bahwa kurang serat menjadi salah satu penyebab sembelit. Itulah sebabnya, salah satu sistem ampuh mencegahnya yaitu meningkatkan asupan makanan berserat. Anda bisa mendapatkan serat dari sayur, buah, kacang-kacangan, hingga biji-bijian.

Makanan yang mengandung serat bisa membantu melancarkan membuang air besar sekaligus menghindari Anda berlama-lama duduk di WC.

Kecuali makanan, serat juga bisa Anda temukan dari suplemen, seperti psyllium (Metamucil) atau methylcellulose (Citrucel). Naun, konsultasikan lebih dahulu sebelum minum suplemen ini.

Rajin minum air putih

Meskipun kelihatannya sepele, minum air benar-benar berguna bagi tubuh. Salah satunya menghindari Anda dari sembelit pecah. Pasalnya, air membantu kerja serat dalam melunakkan feses. Biasanya jumlah air yang dianjurkan yaitu 8 gelas per hari, melainkan jumlah ini bisa berbeda-beda bergantung pada tubuh Anda.

Terapkan adat istiadat BAB yang sehat

Istiadat membuang air rupanya berhubungan dengan sembelit pecah. Contohnya, bermain smartphone sambil BAB bisa meningkatkan risiko Anda terkena sembelit. Demikian pula, pergi ke WC walaupun Anda belum menikmati desakan untuk BAB.

Jadi, hindari kedua adat istiadat ini agar Anda tak berlama-lama duduk di WC.

Olahraga

Malas bergerak dan menghabiskan sebagian besar waktu dengan duduk bisa jadi penyebab sembelit pecah.

Untuk meminimalisasi hal tersebut, ada bagusnya Anda menjalankan olahraga dengan rutin. Kesibukan jasmani ini benar-benar baik untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart