Banyak Yang Menyepelakan Bahaya Flu Tulang

Penyakit flu tulang adalah istilah orang lazim untuk chikungunya, merupakan penyakit yang disebabkan virus (genus Alphavirus) yang umumnya ditularkan melewati gigitan nyamuk Aedes.

Diketahui dengan flu tulang karena salah satu gejalanya membikin sendi penderita terasa nyeri. Kecuali itu, chikungunya juga acap kali disebut dengan “demam tulang”.

Nyamuk Aedes yang terinfeksi umumnya berkembang biak di dalam atau di sekitar daerah tinggal manusia dan lebih menyukai mengisap darah manusia pada siang hari di daerah yang adem ataupun di malam hari.

Lihat juga : Virus Kanker Servik 

Nyamuk yang terinfeksi menyebabkan demam mendadak dan nyeri sendi yang parah. Lazimnya, pertanda dan gejala Chikungunya mulai tampak dalam dua sampai tujuh hari sesudah digigit nyamuk yang terinfeksi. Sedangkan gejala flu tulang hampir sama dengan DBD, tapi virus penyebab kedua penyakit hal yang demikian berbeda. DBD disebabkan oleh virus dengue. Berikut gejala flu tulang dan metode mencegahnya:

Gejala Flu Tulang
Virus ini menyebabkan demam yang berlangsung sebagian hari dan nyeri sendi yang dapat berlangsung berminggu-pekan atau berbulan-bulan.

Gejala flu tulang mirip dengan gejala penyakit lain seperti demam berdarah. Gejala umumnya timbul cuma sebagian hari sesudah nyamuk menggigit seseorang. Gejala flu tulang yang paling biasa diberitakan dari Medical News Today merupakan:

004 destriyana
©2015 Merdeka.com/shutterstock
demam (kadang-kadang setinggi 40 derajat celcius)
nyeri sendi
sakit kepala
nyeri otot
ruam
sembab di sekitar persendian
Lebih jarang, gejala dapat disertai dengan ruam makulopapular (mirip dengan campak atau ruam panas ), konjungtivitis , mual, dan muntah.

Sistem Mengobati Flu Tulang
Virus ini jarang berimbas fatal, tapi gejala flu tulang dapat parah dan melumpuhkan. Kebanyakan pasien sembuh dari demam dalam seminggu, tapi nyeri sendi sudah dikenal berlangsung selama berbulan-bulan. Malahan sesudah 1 tahun, 20 persen pasien melaporkan nyeri sendi berulang.

Tak ada obat khusus untuk mengobati chikungunya, dokter cuma memberi masukan rehat dan minum banyak cairan. Obat yang dipasarkan bebas akan menolong meringankan demam dan nyeri sendi. Antara lain:

naproxen
ibuprofen
parasetamol
Untuk nyeri yang bertahan lebih lama, fisioterapi mungkin dapat menolong.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart