Tips Cara Mengatasi Sakit Ambeien

Ambeien ialah kondisi di mana pada tempat anus maupun anus terdapat pembengkakan pembuluh darah yang disebabkan oleh adanya tekanan yang berlebihan pada bagian belakang. Kondisi ini biasa dialami oleh wanita dalam masa kehamilan hingga setelah melahirkan secara khusus yang melahirkan normal. Makin tua umur seseorang juga biasanya lebih rentan mengalami ambeien bagus pria maupun wanita, orang dengan berat badan yang berlebihan juga memiliki resiko ambeien yang lebih besar dibandingkan dengan orang dengan berat badan normal dan lebih aktif bergerak. Umumnya ambeien tidak membutuhkan tindakan medis melainkan pembengkakan yang terjadi dapat terasa menyakitkan dan terasa tidak nyaman saat duduk maupun saat jalan. Apa yang dapat Anda lakukan sebagai cara untuk menghilangkan rasa sakit ambeien?

Baca Juga : Bawang putih untuk ambeien

Konsultasi Ambeien Wasir

Online 24 Jam

Tipe ambeien yang menyebabkan sakit

Ambeien biasa ada dua jenis ambeien yang banyak terjadi ialah ambeien internal dan ambeien eksternal. Ambeien internal terjadi di bagian bawah anus dan biasanya tidak terasa sakit malahan saat penderitanya menemukan ada darah saat buang air besar atau saat mengelap bagian belakang dengan tisu. Tipe ambeien eksternal terjadi di bawah permukaan anus sehingga menyebabkan iritasi pada kulit. Tipe ambeien inilah yang menyebabkan rasa sakit pada penderitanya. Kalau terjadi penggumpalan darah pada zona kulit yang iritasi, ambeien dapat terasa benar-benar sakit dan datang secara tiba-tiba. Kalau terjadi penggumpalan darah biasanya Anda dapat merasakan adanya benjolan pada zona anus.

Terdapat dua kelompok Ambeien:

Interna
Pada kondisi ini, Ambeien yang terbentuk berlokasi cukup dalam sehingga penderita tidak sanggup melihat atau merasakan pelebaran pembuluh darah yang terjadi.

Eksterna
Ambeien ini terbentuk dari pembuluh darah yang berlokasi lebih luar dari Ambeien interna. Ambeien mengeluarkan tinja, Ambeien acap kali muncul keluar sehingga mudah diamati dan dinikmati penderitanya.

Ambeien eksterna biasanya menyebabkan penderita sungguh-sungguh tidak nyaman akibat mudahnya pembuluh darah teriritasi dan menimbulkan rasa nyeri.

Penyebab Ambeien hingga saat ini diyakini sebagai kombinasi adanya elemen keturunan (genetika). Ambeien itu juga terdapat sejumlah elemen risiko yang dapat menjadi penyebab Ambeien.

Adapun elemen-elemen risiko hal yang demikian ialah sebagai berikut:

  • Ambeien tua
  • Ambeien berulang (konstipasi kronik)
  • Kali mengedan saat buang air besar
  • Kehamilan
  • Tekanan dalam perut yang meningkat (contohnya karena adanya tumor)
  • Kurang mencukupi keperluan serat dan cairan
  • Obesitas
  • Mengalami penyakit batuk kronik (dalam bentang waktu lama)

Berikut ialah gejala Ambeien atau Ambeien yang biasanya terjadi:

  • Munculnya darah segar menetes dari anus saat buang air besar
  • Gatal pada anus
  • Nyeri. Nyeri muncul akibat teriritasinya Ambeien akibat bergesekan dengan pakaian atau saat duduk. Nyeri hebat juga dapat muncul apabila terdapat pembekuan darah pada Ambeien
  • Kalau benjolan lembab di zona anus yang berwarna merah muda (lebih jelas) dari zona sekitarnya
  • Kalau benjolan keluar dari anus pasca buang air besar, benjolan dapat masuk sendiri atau harus disokong secara khusus dahulu
  • Pucat, mudah lemas, tidak mudah konsentrasi, apabila sudah terjadi komplikasi anemia akibat perdarahan yang berlebihan
  • Kalau Anda mengalami gejala Ambeien seperti yang disebutkan di atas, segera periksakan diri ke dokter ya.

Untuk memastikan diagnosis Ambeien, maka dokter akan mengerjakan serangkaian alur diagnosis yang diawali dari wawancara. Dalam wawancara, dokter akan menggali keluhan-keluhan yang Anda rasakan.

Selain akan dijalankan pemeriksaan lahiriah, ialah pemeriksan secara menyeluruh oleh dokter. Ambeien pemeriksaan yang penting untuk dijalankan mencakup pemeriksaan zona anus untuk memastikan penyebab keluhan ialah Ambeien. Anda mungkin saja diinstruksikan untuk mengedan saat pemeriksaan.

Ambeien melihat ilustrasi zona anus (mencari benjolan), pemeriksaan juga mungkin disertai tindakan colok anus (memasukkan jari ke dalam anus untuk memeriksa permukaan dalam anus) untuk kecurigaan Ambeien interna.

Ambeien itu, pemeriksaan akan dilengkapi pula dengan pencarian adanya pertanda-pertanda sudah terjadinya anemia sebagai komplikasi Ambeien (terdapat pucat pada konjungtiva mata).

Pemeriksaan penyokong dapat saja diperlukan apabila hasil pemeriksaan lahiriah belum memuaskan. Ambeien karena Ambeien di dalam/ interna, terdapat rencana tindakan operatif pada Ambeien, maupun untuk mencari kemungkinan lain penyebab perdarahan dari anus (yang paling diwaspadai ialah kondisi kanker usus besar).

Pemeriksaan penyokong hal yang demikian ialah anoskopi, sigmoidoskopi dan kolonoskopi. Pemeriksaan ini dijalankan dengan memasukkan alat yang dilengkapi oleh kamera ke dalam anus, untuk melihat ilustrasi dalam zona usus besar bagian bawah secara jelas dan detil.

Pengobatan Penyakit Ambeien Atau Kalau

Kalau Anda mengalami pertanda dan gejala Ambeien atau Ambeien, maka hal pertama yang harus Anda perhatikan ialah seberapa berat derajat Ambeien yang diderita.

Kalau Ambeien hal yang demikian tidak menonjol (cuma dinikmati), masih dapat masuk dengan sendirinya, maka Anda masih dapat menunda kunjungan ke dokter.

yang secara khusus, upayakan koreksi gaya hidup untuk mencegah agar Ambeien tidak memberat. Pencegahan ini juga penting bagi Anda yang belum pernah menderita Ambeien:

  • Menjaga konsistensi tinja agar tidak keras, ialah dengan mengonsumsi asupan makanan yang tinggi kandungan serat (contohnya buah-buahan, sayur-sayuran, gandum utuh, dan lainnya)
  • Cukupkan asupan cairan Anda
  • Hindari menunda cara kerja buang air besar. Segeralah buang air besar saat Anda merasakan pertanda-tandanya, karena tinja yang tersimpan lama di usus besar akan terus mengalami perembesan air sehingga konsistensinya akan mengeras seiring jalannya waktu
  • Hindari mengedan terlalu kuat dan terlalu lama sat buang air besar
  • Tingkatkan aktivitas lahiriah karena memiliki akibat atas kelancaran pencernaan Anda
  • Hindari mengerjakan aktivitas yang memperlama waktu duduk di atas jamban (membaca, mengisap rokok) karena meningkatkan tekanan dan mempermudah terjadinya
  • Ambeien
  • Menjaga berat badan agar tetap ideal
  • Hindari mengangkat beban yang terlalu berat, secara khusus ditambah kebiasaan menahan nafas (mengedan) saat.

Bagaimana Cara Pemesanannya?

Untuk lebih jelas mengenai cara pemesanan silahkan hubungi kami klik WA di bawah ini

Atau Hubungi Kami Langsung Via Telepon Di Nomor :
087736710838

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart