Ciri Ciri Penyakit Ambeien Yang Mudah Di Kenali

Apa itu ambeien (ambeien)?

Ciri Ciri Penyakit Ambeien Yang Mudah Di Kenali – ambeien adalah situasi meradang atau sembabnya pembuluh darah vena di sekitar anus. Keadaan juga sering disebut sebagai hemoroid atau lebih terkenalnya disebut sebagai ambeien.

Pembengkakan bisa timbul di dalam rektum, adalah saluran yang mengaitkan usus besar dengan anus, atau di sekitar anus. Biasanya penyakit ini disebabkan karena mengejan terlalu sering dan dalam waktu yang lama saat membuang air besar.

ambeien terbagi menjadi dua jenis, adalah:

  • internal hemorrhoid, timbul di dalam saluran rektum, tidak nyeri namun bisa menyebabkan feses yang berdarah, serta
  • external hemorrhoid, timbul di luar anus, terasa gatal atau nyeri, sekali-sekali bisa robek dan berdarah.

ambeien adalah situasi yang tidak membahayakan dan tidak menular. Biasanya situasi ini bisa sembuh sendiri atau bisa disembuhkan dengan mudah menerapkan obat ambeien.

Seberapa umumkah situasi ini?

ambeien adalah gangguan pencernaan yang termasuk lazim dan pernah dialami oleh banyak orang. Menurut penelitian, pada usia 50 tahun, hampir separuh populasi pernah mengalami ambeien.

Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun lebih sering terjadi pada ibu hamil, pasien ambeien, atau pasien diare kronis.

 

Konsultasi Ambeien Wasir

Online 24 Jam

Petunjuk dan gejala

Apa saja pertanda dan gejala ambeien?
Menurut jenisnya, gejala ambeien yang akan dirasakan berbeda. Kalau Anda memiliki jenis eksternal, karenanya Anda akan mengalami:

  • kemunculan benjolan yang keras dan terasa lembut saat disentuh di dekat anus,
  • anus terasa gatal, serta
  • anus terasa nyeri, lebih-lebih saat duduk.
  • Biasanya, gejala ini bisa menghilang dalam beberapa hari. Padahal demikian, apabila Anda terbiasa membersihkan anus dengan kasar atau terlalu sering mengejan, gejalanya bisa bertahan lebih lama.

Padahal pada jenis yang internal, lazimnya Anda tidak akan merasakan nyeri atau gatal. Tapi, feses yang keluar bisa saja disertai darah.

Kalau ambeien berkembang atau benjolannya keluar dari anus, akibatnya Anda akan merasa perih dan sulit membuang air besar.

Kemungkinan ada pertanda-pertanda dan gejala yang tidak diceritakan di atas. Kalau Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan seharusnya periksa ?

Anda seharusnya periksa apabila Anda mengalami gejala-gejala seperti:

  • ambeien terasa nyeri dan tidak kunjung membaik walau sudah diobati di rumah,
  • BAB berdarah atau berwarna hitam atau berdarah, serta
  • anda merasa pusing atau kliyengan.
  • Hemoroid adalah situasi kesehatan yang cukup serius.

Penyebab dan unsur risiko ambeien ambeien bisa terjadi karena disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan darah di tempat anus. Menginformasikannya buku Mengenali Keluhan Anda: Informasi Kesehatan Lazim untuk Pasien (2013) karya Dr. Ayustawati, PhD, situasi itu mudah terjadi pada golongan masyarakat, sebagai berikut:

  1. Orang yang punya keadaan sulit dengan sulit membuang air besar (BAB) atau konstipasi atau ambeien
  2. Wanita yang sedang hamil mudah menderita ambien karena adanya tekanan dari pembesaran kandungan waktu hamil
  3. Orang dengan penyakit kronik hati. Penyakit ini dikenal bisa menyebabkan peningkatkan tekanan pembuluh darah balik yang pada akibatnya akan menyebabkan ambien
  4. Orang dengan usia di atas 50 tahun memiliki satu separuh kali lebih rentan untuk terkena ambien dibanding orang dengan usia di bawah itu
  5. Orang yang memiliki riwayat keluarga menderita ambeien

Pengobatan di rumah Pengobatan sendiri di rumah bisa dilakukan untuk mengurangi gejala-gejala ambeien.

Model pengobatan ini, seperti:

  • Berendam di air hangat lebih-lebih unruk komponen bokong. Langkah ini bisa dilakukan sekurang-kurangnya 3 kali sehari, masing-masing selama 15-20 menit. Manfaat berendam air hangat ini, adalah akan mengurangi pembengkakan dari ambien.
  • Diet dengan mengonsumsi air dan makanan berserat lebih banyak diyakini juga akan mengurangi konstipasi atau sulit BAB. BAB yang lancar dibutuhkan untuk bisa mengurangi peningkatan tekanan darah pada pembuluh darah dengan ambeien.
  • Obat yang bisa melancarkan BAB bisa diminum apabila ambeien belum bisa ditangani. Tapi, sebelum mengonsumsi obat, betapa bagusnya berkonsultasi dahulu dengan dokter.
  • Lakukan budaya bagus yang bisa mengurangi gejala ambien, seperti tidak duduk terlalu lama, olahraga teratur, dan BAB lantas pada saat ingin.

Elemen Risiko Penyakit ambeien

Elemen-unsur menjadi penyebab munculnya ambeien, diantaranya sebagai berikut.

ambeien kronis
Feses yang mengeras saat Anda mengalami ambeien membuat Anda seharusnya mengeluarkan kekuatan yang lebih banyak untuk mengejan. Tekanan tersebut akibatnya memicu pembengkakan pembuluh darah di anus, yang kemudian menjadi ambeien.

Kehamilan
Dikala usia kehamilan yang makin besar, rahim akan ikut berkembang mengikuti perkembangan bayi dalam kandungan yang kemudian menekan pembuluh darah yang ada di usus besar sehingga timbul benjolan di tempat anus.

Duduk terlalu Lama
Adat duduk yang terlalu lama juga bisa menyebabkan ambeien, karena pembuluh darah di sekitar anus betul-betul banyak terisi darah. Aliran darah tersebut menekan pembuluh darah di anus hingga makin membesar.

Mengangkat Benda Berat
Mengangkat benda berat berulang kali juga bisa menyebabkan ambeien yang disebabkan oleh adanya penumpukan tekanan di komponen rektum sehingga memberi pengaruh aliran darah dan membuat pembuluh darah bengkak.

Umur
Keadaan tubuh yang semakin menua menyebabkan jaringan pembuluh darah di sekitar rektum semakin melemah, sehingga rentan membengkak yang kemudian menyebabkan terjadinya ambeien.

 

Bagaimana Cara Pemesanannya?

Untuk lebih jelas mengenai cara pemesanan silahkan hubungi kami klik WA di bawah ini

Atau Hubungi Kami Langsung Via Telepon Di Nomor :
087736710838
*) Bisa COD (bayar saat barang sampai)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart