Pengertian Dan Contoh Dari Dubur Normal

Pengertian Dubur

Dubur yakni bagian terakhir dari metode pencernaan pada mDuburia dan binatang, Dubur yang juga kerap kali disebut dengan Dubur yakni perpanjangan dari rektum yang berlokasi di luar tubuh, terbuka atau tertutupnya Dubur dipegang oleh otot sfingter.

Konsultasi Ambeien Wasir

Online 24 Jam

Gambar Dubur Normal dan Yang Terkena Sembelit (Hemoroid) Gejala penyakit sembelit yang biasanya terjadi yakni : – Susah dikala buang air besar – Merasa tidak nyaman pada Dubur dikala sedang duduk – Rasa panas dikala sedang duduk – Rasa gatal dikala sesudah buang air besar – Dan rasa sakit dikala buang air besar, Untuk kasus lebih lanjut biasanya akan ada darah yang menetes keluar.

Dubur yakni bagian terakhir dari saluran pencernaan. Panjang Dubur yakni kira-kita 4-5 cm. Dubur memainkan peranan penting untuk defekasi. Seandainya terjadi kelainan,defekasi tidak bisa berlangsung normal.Terdapat sebagian otot yang membantu Dubur agar defekasi lancar seperti m.puborektal yakni bagian dari otot levator ani,sfingter ani eksternus (otot lurik) dan sfingter ani internus (otot polos).

Struktur Dubur

Kulit di sekitar Dubur yakni kulit berkeratin, yang dilapisi oleh epitel skuamos stratified dan mempunyai bagian kulit rambut halus, kelenjar keringat, kelenjar sebasea dan nervus somatik “sensitif terhadap nyeri” tanpa bagian kulit tersebut karenanya kulitnya nampak seperti dilapisi sel epitel kuboid.

Saluran anal mempunyai panjang sekitar 2-4,5 cm, dikelilingi oleh otot berbentuk seperti cincin yang disebut sfingter anal internal dan sfingter anal eksternal. Saluran ini juga dilapisi oleh membran mukosa bagian atas saluran ini mempunyai sel yang menjadikan sekret untuk memudahkan feses keluar dari tubuh.

Dubur juga bisa terkena infeksi,yang kerap kali menular melalui hubungan seksual seperti kondiloma akuminata.Infeksi antara lain boleh menyebabkan timbulnya abses pada Dubur.Kecuali kelainan jinak,keganasan bisa timbul pada Dubur,seperti karsinoma basoselular dan karsinoma planoselular.

Tempat batas rektum dan kanalis analis ditandai dengan perubahan ragam epitel. Kanalis analis dan kulit luar disekitarnya kaya akan persyarafan sensoris somatik dan sensitif terhadap stimulus nyeri, sedangkan mukosa rektum mempunyai persarafan autonom dan tidak sensitif terhadap nyeri. Nyeri bukanlah gejala awal pengidap karsinoma rektum, sementara fisura Dubur nyeri sekali. Darah vena diatas garis anorektum mengalir melalui metode porta, sedangkan yang berasal dari Dubur dialirkan ke metode kava melalui cabang v.iliaka.

Kanalis analis berukuran panjang kurang lebih 3cm. Batas antara kanalis Dubur disebut garis anorektum, garis mukokutan, linea pektinata atau linea dentata. linea pectinea / linea dentata yang terdiri dari sel-sel transisional. Dari linea ini kearah rectum ada kolumna rectalis (Morgagni), dengan diantaranya terdapat sinus rectalis yang usai di kaudal sebagai valvula rectalis.

Didaerah ini terdapat kripta Dubur dan muara kelenjar Dubur antara kolumna rektum. Infeksi yang terjadi disini bisa menimbulkan abses anorektum yang bisa menimbulkan fistel. Lekukan antar sfingter sirkuler bisa disentuh didalam kanalis analis sewaktu menjalankan colok Dubur dan menampakkan batas antara sfingter interna dan sfingter eksterna (garis Hilton).

Bagaimana Cara Pemesanannya?

Untuk lebih jelas mengenai cara pemesanan silahkan hubungi kami klik WA di bawah ini

Atau Hubungi Kami Langsung Via Telepon Di Nomor :
087736710838

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart