Penyebab Anus Berdarah, ini Tips Untuk Menyembuhkan

BAB berdarah tidak boleh dianggap remeh, apalagi kalau sering terjadi dan jumlah darah yang keluar banyak. Meski penyebabnya tidak selalu berbahaya, BAB berdarah perlu segera diperiksakan ke dokter karena bisa menjadi tanda adanya penyakit yang serius.BAB berdarah dapat disebabkan oleh berbagai hal dan tingkat keparahannya pun bervariasi. Perdarahan yang terjadi dapat bersifat ringan, berat, atau bahkan hingga mengancam nyawa.

Penyebab penyakit anus berdarah

  • Terlalu keras mengejan atau ngeden saat BAB.
  • Diare atau anus berdarah kronis.
  • Terlau lama duduk.
  • Berat badan berlebih atau obesitas.
  • Faktor usia yang menyebabkan otot sphincter di rektum melemah.
  • Pembesaran rahim selama kehamilan.
  • Kurang asupan makanan berserat.

Pencegahan anus berdarah

Berikut ini ialah upaya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah timbulnya anus berdarah:

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi setara
  • Rutin berolahraga
  • Menjaga berat badan pas
  • Berhenti mengisap rokok
  • Rutin memeriksakan tekanan darah dan kolesterol
  • Jaga area anus tetap kering
  • Bersihkan anus dengan air hangat dan sabun yang lembut
  • Minum banyak air
  • Hindari mengejan terlalu keras saat BAB
  • Tidak menunda BAB bila sudah terasa
  • Jangan duduk terlalu lama di permukaan yang keras.

anus berdarah ialah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum di komponen bawah. anus berdarah atau dikenal sebagai anus berdarah mirip dengan varises.Tambahkan makanan yang tinggi serat dalam menu harian untuk membantu melunakkan tinja dan melancarkan gerakan usus. Seumpama ialah brokoli, kacang-kacangan, klasifikasi serealia, dan buah-buahan. Sarannya ialah mengonsumsi 25-30 gram serat per hari.Salah satu pemicu anus berdarah ialah anus berdarah. anus berdarah bisa terjadi akibat Anda kurang makan makanan berserat. Oleh karena itu, Anda sepatutnya mengonsumsi lebih banyak makanan berserat.

Baca Juga : bahaya wasir

Konsultasi Ambeien Wasir

Online 24 Jam

Seandainya dari makanan saja tidak bisa tercukupi, Anda bisa mengonsumsi suplemen serat psyllium husk untuk memenuhi kebutuhan serat tubuh. Tambahan serat ini akan melunakkan feses dan meningkatkan beratnya, serta melancarkan gerak usus untuk mengeluarkannya.Suplemen serat umumnya direkomendasikan dokter untuk menghindari efek samping obat laksatif yang kerap menyebabkan diare.Meskipun tidak lantas menghilangkan benjolan anus berdarah, suplemen obat ini bisa membantu Anda mengatasi anus berdarah yang kerap kali memperparah gejala anus berdarah.Penyakit ini dalam timbul di komponen dalam dan luar anus. Pertanda dan gejala anus berdarah bisa berbeda-beda, tergantung dengan jenisnya.

Gejala anus berdarah luar di antaranya:

  • Daerah seputar anus terasa gatal atau timbul iritasi
  • Komponen anus terasa nyeri atau tidak nyaman
  • Zona sekitar anus terasa membengkak
  • Ada darah saat buang air besar (BAB)
  • Meskipun gejala anus berdarah dalam umumnya tidak terasa. Penderita baru merasakan gejalanya anus berdarah saat BAB, seperti: Ada darah saat BAB dan timbul benjolan kecil di anus yang menyebabkan nyeri dan iritasi.
Seandainya darah menggenang di anus berdarah luar dan menyusun gumpalan, penderita bisa merasakan gejala:
  • Sakit parah
  • Anus berdarah sembab
  • Anus berdarah meradang
  • Ada benjolan keras di dekat anus
Beruntung, ada beberapa cara menghilangkan anus berdarah ringan secara alami, termasuk perubahan gaya hidup. Berikut beberapa cara mengobati anus berdarah secara alami:

1. Rendam dengan air hangat

Berdasarkan Cleveland Clinic, cara mengobati anus berdarah secara alami yang praktis ialah rendam anus berdarah dalam air hangat.Penderita cukup duduk di ember berisi air hangat selama 15 menit beberapa kali sehari, lebih-lebih setelah BAB. Air hangat bisa meningkatkan aliran darah dan membantu mengecilkan pembuluh darah yang membengkak. Seandainya perlu, tambahkan garam untuk membantu mengecilkan anus berdarah.

2. Oleskan lidah buaya

Metode menghilangkan anus berdarah secara alami lainnya ialah dengan mengoleskan lidah buaya. Kandungan zat antiperadangan dalam lidah buaya bisa meredakan peradangan karena anus berdarah.yang perlu diingat, pakai lidah buaya alami, bukan krim lidah buaya agar kesudahannya optimal.

3. Kompres dengan garam epsom dan gliserin

Metode menghilangkan anus berdarah yang terasa menyakitkan bisa dengan campuran garam epsom dan gliserin. Ramuan sederhana ini bisa dipakai sebagai obat anus berdarah alami untuk dikompreskan dengan kasa ke area yang meradang.Metode membikin obat anus berdarah ini dengan mencampurkan dua sendok makan garam epsom dan dua sendok makan gliserin. Biarkan selama 15 menit. Baru bersihkan. Ulangi penerapannya tiap empat hingga enam jam sekali hingga gejala anus berdarah mereda.

4. Oleskan witch hazel

Metode mengobati anus berdarah secara alami lainnya ialah dengan mengoleskan witch hazel. Witch hazel dikenal bisa mengurangi rasa sakit, gatal, dan mengatasi pendarahan anus berdarah.Kandungan tanin dan minyak dalam bahan alami ini bisa membantu mengatasi peradangan anus berdarah dan mencegah pendarahan.

5. Kompres es

Mengatasi anus berdarah juga bisa dengan mengompres area yang sakit dengan es batu. Es batu bisa meredakan pembuluh darah yang membengkak dengan cara mengecilkannya dan mengurangi ketidaknyamanan.Metode mengobati anus berdarah dengan kompres es batu bisa dengan membungkus es batu dengan kain. Gunakan untuk kompres di area anus berdarah selama 10-20 menit. Lalu ulangi lagi bila rasa tidak nyaman kambuh.

6. Jaga kebersihan area anus

Mengatasi anus berdarah juga perlu menjaga kebersihan area anus. Rajin bersihkan area pribadi hal yang demikian dengan mandi sekaligus merendam anus dengan air hangat.Selama anus berdarah kambuh, jangan pakai sabun atau tisu berbahan dasar alkohol dan mengandung pewangi. Keduanya bisa mengiritasi benjolan anus berdarah.Setelah rampung mandi dan membersihkan anus berdarah, pastikan untuk mengeringkan anus untuk mencegah kuman tumbuh di area yang lembab.

7. Makan cukup serat

Selain menggunakan pelbagai cara mengobati anus berdarah secara alami di atas, penderita anus berdarah sepatutnya makan cukup serat tiap hari. Dengan rajin makan serat, pendarahan dan nyeri akibat anus berdarah bisa dicegah.Pastikan memasukkan buah, sayur, nasi merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan ke dalam menu makan sehari-hari. Selain itu, pastikan untuk minum banyak air putih untuk mencegah anus berdarah.

8. Hindari banyak duduk

Dikala penyakit kambuh, mengatasi anus berdarah juga perlu menghindari banyak duduk untuk sementara waktu.Seandainya profesi menuntut banyak duduk, pastikan penderita jalan-jalan ringan selama lima menit setidaknya satu jam sekali untuk mengurangi tekanan di area pantat.Untuk sementara, hindari juga olahraga yang menekan area pantat dan anus seperti bersepeda, squat, angkat muatan. Pilih olahraga jalan pesat selama 20-30 menit untuk mendorong fungsi usus dan mencegah anus berdarah makin parah.

9. Tidur dengan kaki tergantung di atas

Metode mengobati anus berdarah secara alami yang cukup praktis juga bisa dengan terbaring dengan posisi kaki tergantung di atas. Cukup terbaring sembari angkat kaki ke atas selama setidaknya separuh jam.Dengan posisi hal yang demikian, peredaran darah ke tubuh komponen belakang meningkat, dan tekanan pada anus berdarah bisa berkurang.

10. Jangan membendung BAB

yang penting tetapi kerap dilupakan sebagai komponen cara menyembuhkan anus berdarah secara alami ialah membangun budaya tidak membendung BAB.

Bagaimana Cara Pemesanannya?

Untuk lebih jelas mengenai cara pemesanan silahkan hubungi kami klik WA di bawah ini

Atau Hubungi Kami Langsung Via Telepon Di Nomor :
087736710838
*) Bisa COD (bayar saat barang sampai)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart