Penyebab Penyakit Bab Berdarah Setelah Melahirkan

BAB (membuang air besar) berdarah pasca melahirkan tidak jarang dikeluhkan oleh beberapa Moms. Keadaan ini kadang-kadang disertai dengan gejala lainnya yang menyebabkan ketidaknyamanan. Seketika, apa penyebab situasi ini? Bagaimana metode mengatasinya?

Untuk mengetahui info lebih lanjut mengenai penyebab BAB berdarah sesudah melahirkan, simak ulasan selengkapnya di sini Moms.

Konsultasi Ambeien Wasir

Online 24 Jam

Apa penyebab BAB berdarah pasca melahirkan?

Perlu Moms kenal bahwa terdapat beberapa situasi yang dapat menyebabkan BAB berdarah pasca melahirkan, di antaranya ialah:

1. Sembelit
Pada kebanyakan kasus, BAB berdarah pasca melahirkan disebabkan oleh wasir, lebih-lebih pada persalinan normal atau persalian pervaginam.

Sembelit atau hemoroid ialah pembengkakan pembuluh darah di dalam rektum atau pada kulit di sekitar dubur. Biasanya, wasir disebabkan oleh peningkatan tekanan di rektum bagian bawah.

Dikutip dari web Healthline, pada masa kehamilan bayi dalam kandungan dalam kandungan memberikan tekanan ekstra pada zona tersebut. Karenanya dari itu, wasir dapat terjadi pada masa kehamilan atau sesudah melahirkan.

Tapi beberapa besar wasir yang terjadi sesudah melahirkan ialah akibat dari mengejan ketika pengerjaan persalinan berlangsung. Sembelit dapat menyebabkan beberapa gejala, ini termasuk:

  • Nyeri
  • Rasa gatal pada dubur
  • Perdarahan ketika BAB
  • Pembengkakan di sekitar dubur

2. Fisura ani
Kecuali disebabkan oleh wasir, penyebab lain dari BAB berdarah pasca melahirkan ialah fisura ani. Fisura ani ialah robekan kecil pada jaringan tipis atau mukosa yang melapisi dubur.

Penyebab BAB berdarah sesudah melahirkan ini dapat terjadi ketika mengeluarkan feses yang keras ketika BAB, misalnya saja dalam kasus wasir. Walaupun demikian, situasi fisura ani dapat disebabkan oleh situasi lain, seperti diare yang berlangsung kronis.

Adapun beberapa gejala yang dapat disebabkan oleh fisura ani, di antaranya ialah:

  • Rasa nyeri ketika BAB
  • Rasa nyeri sesudah BAB yang dapat bertahan hingga beberapa jam
  • Terdapat darah pada feses
  • Adanya benjolan kecil pada kulit di dekat lokasi fisura ani

Apakah BAB berdarah pasca melahirkan membahayakan?

Seperti yang sudah diterangkan bahwa BAB berdarah sesudah melahirkan dapat disebabkan oleh wasir maupun fisura ani. Berdasarkan Very Well Family, wasir umumnya tidak membahayakan dan dapat sembuh dengan beberapa penanganan.

Sementara itu, fisura ani juga umumnya tidak membahayakan. Walaupun demikian, baik wasir maupun fisura ani dapat menimbulkan ketidaknyamanan.

Kecuali itu, kamu mesti langsung memeriksakan diri pada dokter jika wasir maupun fisura ani terasa sungguh-sungguh menyakitkan, tidak kunjung sembuh selama beberapa waktu, atau malahan terdapat benjolan keras di sekitar dubur (ini dapat mengindikasikan wasir trombosis).

Bagaimana metode menangani BAB berdarah pasca melahirkan?
Terdapat beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengurangi ketidaknyaman atau mempercepat penyembuhan akibat elemen penyebab BAB berdarah pasca melahirkan, ini termasuk:

1. Menjaga zona tetap bersih

Menjaga zona di sekitar dubur atau dubur tetap bersih ialah hal pertama yang penting untuk dilakukan. Sebab, ini dilakukan untuk mencegah iritasi yang mana dapat menghambat pengerjaan penyembuhan.

Untuk menjalankannya, Moms dapat membilas zona yang tergoda dengan air hangat.

2. Hindari mengejan ketika BAB

Mengejan ketika BAB dapat memberikan tekanan tambahan pada zona dubur atau rektum. Untuk memberikan waktu penyembuhan, berhati-hatilah untuk tidak mengejan.

3. Batasi kegiatan yang dapat memberi tekanan pada zona dubur

Sembelit umumnya terjadi akibat tekanan pada zona dubur. Karenanya dari itu, sebaiknya hindarilah atau batasi kegiatan yang dapat memberi tekanan pada zona tersebut, misalnya saja mengangkat barang berat, mengejan untuk BAB, atau duduk di dudukan kamar mandi untuk waktu yang lama.

4. Kompres dingin

Untuk meredakan pembengkakan, Moms juga dapat menggunakan kompres es. Tapi pastikalnlah es dibalut lebih-lebih dahulu dengan kain bersih sebelum Moms menerapkannya pada zona kulit yang terkena.

5. Perbanyak konsumsi makanan mengandung serat

Metode menyelesaikan BAB berdarah pasca melahirkan selanjutnya ialah sebaiknya perbanyaklah mengonsumsi makanan yang mengandung serat. Ini dapat membantu konstitensi feses tetap lunak, sehingga dapat mempercepat penyembuhan pada wasir maupun fisura ani.

Di sisi lain, memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung serat juga dapat membantu mencegah wasir. Buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, atau malahan biji-bijian ialah beberapa sumber serat yang baik. Sebaiknya, tingkatkanlah asupan serat dalam tubuh secara berjenjang.

Solusi bab berdarah sesudah melahirkan Susah BAB sesudah melahirkan acap kali kali membuat perasaan yang tidak nyaman bagi wanita yang mengalaminya. Bila ketidaknyamanan ini tidak langsung dipecahkan karenanya dapat mengganggu perasaan ibu pasca melahirkan sehingga berakibat negatif kepada ASI dan bayinya. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk mengetahui solusi wasir.

Berikut ini ialah solusi sulit BAB sesudah melahirkan:

1. Mengkonsumsi air putih yang banyak Konsumsilah air putih yang banyak. Asupan cairan yang banyak akan membuat tekstur tinja menjadi lebih lembut sehingga mudah untuk dikeluarkan. Minumlah enam hingga delapan gelas air dalam sehari. Lebih baik lagi jika Anda mengonsumsi cairan yang hangat sesudah bangun tidur.

2. Mengkonsumsi makanan kaya serat Susah BAB sesudah melahirkan? Serat ialah sahabat Anda! Milikilah makanan yang kaya serat pada diet Anda. Makanan yang kaya serat dapat mengkoreksi situasi wasir. Teladan ini dikarenakan serat dapat meningkatkan frekuensi membuang air besar Anda dan berakibat pada tekstur tinja yang menjadi lebih lunak. Aktivitas makanan kaya serat seperti buah-buahab, sayuran hijau, sereal, gandum utuh, roti, kacang kedelai, beras merah, kacang merah, dan lainnya. Makanan tipe ini akan berakibat positif pada Anda, ialah menjadi teratur untuk membuang air besar.

3. Menyusui bayi secara acap kali Memang sudah ialah hal yang dilakukan oleh seorang ibu untuk menyusui bayinya. Mengerjakan menyusui bayi tidak hanya berkhasiat untuk bayi saja. Menyusui bayi dapat meringankan kejadian sembeli. Isapan bayi akan menstimulus rahim berkontraksi sehingga membuat pergerakan usus menjadi mudah.

4. Tak kegiatan berjalan Lakukanlah kegiatan berjalan-jalan supaya tubuh Anda bergerakan. Gerakan tubuh ini akan membantu untuk menggerakan usus sehingga mengkoreksi gerakannya. Anda dapat menjalankan kegiatan berjalan yang ringan di dalam rumah sesudah pulih dari tindakan episiotomi atau sayatan operasi caesar.

5. Bila menunda BAB ketika mulas Bila Anda sudah mulai merasa mulas karenanya sebaiknya Anda pergi ke kamar mandi untuk langsung membuang air besar. Jangan pernah menunda untuk membuang air besar. Tekstur tinja akan semakin keras jika Anda menunda untuk mengeluarkannya.

Bagaimana Cara Pemesanannya?

Untuk lebih jelas mengenai cara pemesanan silahkan hubungi kami klik WA di bawah ini

Atau Hubungi Kami Langsung Via Telepon Di Nomor :
087736710838

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart