Virus Kanker Servik Yang Perlu Di Ketahu Wanita

Mengingat penyakit ini sangat mematikan, tiap-tiap perempuan perlu mengenal elemen risiko apa saja yang bisa menyebabkan dirinya lebih rentan terkena kanker servik. Hal ini penting untuk mencegah kemunculan kanker servik.

Keadaan yang Bisa Menjadi Penyebab Munculnya Kanker Servik
Penyebab kanker servik belum dikenal secara pasti. Melainkan, terdapat sejumlah elemen yang bisa meningkatkan risiko seseorang untuk menderita penyakit ini. Di antaranya yaitu:

1. Infeksi human papillomavirus (HPV)
Hampir segala kasus kanker servik disebabkan oleh infeksi virus HPV. Virus ini bisa menginfeksi sel-sel di permukaan kulit dan alat kelamin, anus, serta mulut dan tenggorokan. Seorang wanita bisa terinfeksi HPV dari perilaku seks berisiko. Umpamanya kerap kali berganti pasangan seksual semenjak usia muda, atau berhubungan seks tanpa kondom.

2. Menderita penyakit menular seksual
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa risiko kanker servik lebih tinggi dialami wanita yang pernah menderita penyakit menular seksual, seperti kutil kelamin, klamidia, gonore, dan sifilis.

Wanita yang sedang menderita penyakit menular seksual juga memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker servik. Hal ini karena infeksi HPV bisa muncul berbarengan dengan penyakit menular seksual.

3. Pola hidup tidak sehat
Wanita dengan berat badan berlebih serta jarang mengonsumsi buah dan sayuran diduga berisiko tinggi terkena kanker servik. Risiko ini akan semakin meningkat bila wanita hal yang demikian juga memiliki tradisi merokok.

Zat kimia pada tembakau diyakini bisa merusak sel DNA dan menyebabkan kanker servik. Tidak cuma itu, merokok juga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah, sehingga kurang tepat sasaran dalam melawan infeksi HPV.

4. Sistem kekebalan tubuh yang lemah
Wanita yang kekuatan tahan tubuhnya melemah, semisal karena HIV/AIDS atau menjalani pengobatan untuk menekan kekuatan tahan tubuh, seperti pengobatan kanker dan penyakit autoimun, lebih berisiko untuk terinfeksi HPV yang yaitu penyebab kanker servik.

5. Memakai pil KB
Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa pemakaian kontrasepsi oral (pil KB) dalam waktu yang lama bisa meningkatkan risiko kanker servik. Sebagai opsi yang lebih aman untuk mencegah kanker servik, pilihlah sistem kontrasepsi lain, seperti IUD atau KB spiral.

Untuk memilih ragam kontrasepsi yang ideal dan layak, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan lebih lanjut.

6. Hamil usia muda serta telah beberapa kali hamil dan melahirkan
Mengandung untuk pertama kali saat berusia kurang dari 17 tahun bisa membuat seorang wanita lebih rentan terkena kanker servik. Wanita yang pernah hamil dan melahirkan lebih dari 3 kali juga diduga lebih berrisiko terkena kanker servik.

Berdasarkan penelitian, sistem kekebalan tubuh yang melemah dan perubahan hormon selama masa kehamilan bisa membuat wanita lebih rentan terhadap infeksi HPV.

7. Pernah mengonsumsi diethylstilbestrol (DES)
DES yaitu obat hormonal yang diberikan pada wanita untuk mencegah keguguran. Ibu hamil yang mengonsumsi obat ini memiliki risiko lebih besar untuk terkena kanker servik. Obat ini juga bisa meningkatkan risiko kanker servik pada janin perempuan yang dikandungnya.

8. Unsur keturunan
Seorang wanita memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker servik, bila ada keluarga perempuannya yang pernah terdiagnosis penyakit serupa. Belum dikenal pasti apa yang mendasari hal ini, namun diduga berhubungan dengan elemen genetika.

Untuk menekan risiko penyebab kanker servik, Anda perlu mengaplikasikan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari dan jauhi perilaku seks berisiko. Jangan lupa juga untuk mendapatkan vaksinasi HPV guna mencegah kanker servik, serta menjalani skrining atau deteksi dini kanker servik dengan pemeriksaan pap smear atau tes IVA.

Langkah pencegahan ini bisa dijalankan saat berkonsultasi ke dokter. Semua langkah pencegahan ini penting dijalankan karena lazimnya kanker servik tidak memunculkan gejala pada stadium permulaan dan baru muncul saat kanker memasuki stadium lanjut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart