Wasir Itu Apa Kategori Penyakit Yang Cukup Berbahaya

Pengertian Wasir

Wasir atau disebut juga hemoroid merupakan pembesaran atau pembengkakan yang terjadi pada anus atau usus besar bagian akhir (rektum). Wasir menjadi problem kesehatan yang dapat menyerang siapa saja, namun lebih banyak terjadi pada orang berusia 50 tahun ke atas.

Wasir terbagi menjadi dua macam, merupakan internal dan eksternal. Pembengkakan pada pembuluh darah yang terjadi di dalam anus dan tak dapat diamati dari luar disebut hemoroid internal. Sementara pembengkakan yang terjadi di dekat anus, tampak dari luar dan terasa nyeri disebut dengan hemoroid eksternal.

Baca Juga : Wasir Itu Apa

Gejala Wasir

Benjolan yang timbul di luar anus menjadi gejala khas dari sembelit. Gejala lain yang kerap kali terjadi berupa:

  • Mengalami iritasi atau gatal, rasa nyeri, pembengkakan berwarna kemerahan pada sekitar anus.
  • Timbul benjolan yang lokasinya seperti menggantung pada luar anus dan terasa peka serta nyeri sekiranya disentuh. Umumnya, benjolan akan masuk kembali dalam anus sesudah membuang air besar.
  • Terjadi perdarahan sesudah BAB tanpa diikuti rasa nyeri.
  • Keluar lendir sesudah BAB.

Penyebab dan Elemen Risiko Wasir

Sayangnya, apa yang menjadi penyebab sembelit masih belum diketahui. Meskipun demikian itu, peningkatan tekanan pada aliran darah di bagian anus atau zona sekitarnya disinyalir terkait dengan terjadinya sembelit. Pasalnya, tekanan yang terjadi akan mengakibatkan pembengkakan pada pembuluh darah sehingga timbul peradangan.

Konsultasi Ambeien Wasir

Online 24 Jam

Sementara itu, sebagian elemen yang meningkatkan risiko terjadinya sembelit antara lain:

  • Wasir atau konstipasi yang terus-menerus karena asupan serat tubuh yang tak terpenuhi.
  • Diare berkepanjangan.
  • Obesitas.
  • Adanya riwayat sembelit.
  • Terlalu kerap kali duduk dalam waktu lama.
  • Batuk dan muntah berkepanjangan.
  • Terlalu kerap kali mengangkat muatan berat.
  • Hamil. Wasir yang terjadi karena kehamilan lazimnya akan membaik sesudah melahirkan.
  • Umur. Semakin bertambah usia, jaringan penopang tubuh akan kian lemah.

Diagnosis Wasir

Diagnosis sembelit diperoleh sesudah dokter melaksanakan pemeriksaan gejala dan riwayat medis pengidap. Selanjutnya, dijalankan pemeriksaan colok anus atau digital rectal examination (DRE) guna mengetahui kondisi rektum apakah ada benjolan atau kelainan lainnya.

Kecuali itu, dokter juga mungkin melaksanakan endoskopi guna memandang rektum dan saluran anus dengan menggunakan alat khusus seperti selang yang dilengkapi dengan kamera. Prosedur ini dapat berupa proktoskopi, sigmoidoskopi, atau anoskopi, bertumpu dari seberapa jauh alat tersebut masuk. Via pemeriksaan ini, dokter dapat memandang kondisi saluran anus dan cincin otot yang mengalami kontraksi ataupun relaksasi dengan lebih jelas. Kecuali itu, prosedur ini juga dijalankan untuk mengambil sampel jaringan atau biopsi.

Pengobatan Wasir

Wasir lazimnya akan menghilang tanpa membutuhkan penanganan dalam sebagian hari. Meskipun demikian itu, tetap dibutuhkan penanganan guna membantu mengurangi rasa tak nyaman dan mencegah sembelit kumat kembali. Sebagian metode pengobatan sembelit, merupakan:

Mengubah pola makan dan kebiasaan membuang air besar.

Wasir yang terjadi karena sembelit ditangani dengan metode membikin feses menjadi lebih lunak dan membiasakan BAB secara teratur. Salah satu caranya merupakan memenuhi asupan serat harian. Makanan sumber serat yang baik seperti biji-bijian utuh, buah, sereal, dan sayuran. Kecuali itu, dapat juga dengan memperbanyak asupan cairan dan mengatur asupan kafein serta berolahraga teratur.
Setelah keperluan serat dan cairan tubuh terpenuhi, selanjutnya penanganan dijalankan dengan menghindari pantangan dan menggunakan kebiasaan membuang air besar yang benar, seperti:

  • Jangan menunda atau menahan membuang air besar karena dapat membikin feses menjadi keras dan kering sehingga menjadi susah dikeluarkan.
  • Hindari mengejan berlebihan ketika membuang air besar karena dapat membikin sembelit memburuk.
  • Pengobatan sembelit juga dapat dijalankan dengan menggunakan krim, salep, atau obat suppositoria, macam obat yang lantas dimasukkan ke anus. Obat macam ini dapat membantu mengurangi sembab dan rasa tak nyaman karena sembelit.

Apabila terjadi peradangan di dalam atau zona sekitar anus, dokter mungkin akan menyarankan pemakaian krim kortikosteroid. Meskipun demikian itu, pemakaian krim tak dianjurkan lebih dari tujuh hari karena dapat mengakibatkan penipisan kulit di sekitar anus dan membikin iritasi menjadi lebih parah. Sementara itu, guna menyelesaikan sembelit, dokter dapat meresepkan obat pencahar yang dapat membantu melancarkan membuang air besar.

Penyakit ini lazimnya timbul di dalam rektum (saluran yang mengaitkan usus besar dengan anus) atau di sekitar anus (anus). Wasir lazimnya dialami orang yang kerap kali dan kelamaan mengejan ketika membuang air besar.

Penyakit sembelit dibagi menjadi dua macam, merupakan:

  • Internal hemorrhoid. Kondisi ini akan timbul di saluran rektum atau ujung saluran pencernaan. Umumnya internal hemorrhoid tak nyeri namun menyebabkan BAB berdarah.
  • External hemorrhoid. Wasir ini berlokasi di luar anus dan mungkin terasa gatal hingga nyeri, sesekali dapat robek dan berdarah.

Bagaimana Cara Pemesanannya?

Untuk lebih jelas mengenai cara pemesanan silahkan hubungi kami klik WA di bawah ini

Atau Hubungi Kami Langsung Via Telepon Di Nomor :
087736710838
*) Bisa COD (bayar saat barang sampai)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Shopping Cart